Diberdayakan oleh Blogger.

Jinten Hitam, Sehat Tanpa Efek Samping

Jinten Hitam, Sehat Tanpa Efek Samping

SEIRING perkembangan teknologi, berbagai terapi dan pengobatan penyakit secara modern semakin mengalami kematangan. Namun tak dapat dipungkiri, obat-obatan modern tersebut sebagian besar menyimpan efek samping yang justru dapat membahayakan kesehatan.

Beberapa pakar kesehatan berpendapat bahwa pengobatan yang berasal dari bahan alami justru memiliki efek samping yang ringan, bahkan ada yang tak memiliki efek samping sama sekali. Seperti kandungan zat yang terdapat di dalam jinten hitam yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Rasulullah SAW juga telah menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi jinten hitam dalam keadaan tertentu. Seperti yang tertuang dalam Shahih Bukhori dan Muslim, Rasulullah bersabda, ”Gunakanlah Al Habbatussauda karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut-Red)”.

Di Arab, jinten hitam dikenal dengan nama habbatussauda (biji yang menyenangkan-Red), sedangkan di tanah Jawa sering disebut dengan temu ireng, mungkin karena warnanya yang kecil dan hitam. Menurut Prof Dr Made Astawan, ahli Teknologi Pangan dan Gizi, jinten hitam sudah terbukti kaya akan manfaat.

Sebab di dalamnya terdapat berbagai zat yang menguntungkan jika dikonsumsi manusia. Salah satunya dapat meningkatkan jumlah se-sel T, yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Evektifitasnya hingga 72 % jika dibandingkan dengan plasebo hanya 7 %.

”Dengan demikian mengonsumsi jinten hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga juga dapat dijadikan sebagai obat penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS,” katanya.

Dilanjutkan, kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3) dari jinten hitam merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, sehingga sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Berdasarkan kandungan tersebut pula, tanaman yang berasal dari Mediterania itu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap perubahan lingkungan, mengobati gangguan tidur,dan dapat menghilangkan stres. Kandungan yang lain dapat mengobati batuk kering, diabetes, flu, diare,melancarkan asi, rematik, alergi, hipertensi, sakit gigi, hingga asma.
Minyak dan Kapsul Di Semarang, jinten hitam dapat dijumpai di beberapa apotek dan toko-toko obat dalam bentuk minyak maupun kapsul. Sehingga lebih mudah dikonsumsi sebagai penawar beberapa penyakit tersebut.

Satu sendok teh minyak jinten hitam dicampur dengan segelas kopi dapat mengobati batuk kering, jika diminum dua kali pada pagi dan malam minimal selama dua hari berturut-turut. ”Rasanya memang sedikit pahit, jika tidak begitu suka dengan rasa pahit bisa mengonsumsi jinten hitam yang berbentuk kapsul,” kata Astawan.

Seperti yang dialami Erna (19) warga Bugangan, karena alergi dia mengalami gatal-gatal di beberapa bagian tubuhnya yang sudah lama tak kunjung sembuh. Karena tak terlalu suka dengan aroma jintan hitam yang menyengat, kemudian dia mengonsumsi 2 kapsul minyak jintan hitam di pagi dan malam hari.

”Tiga hari kemudian gatal-gatal itu sirna, begitu Agungnya Allah yang telah menciptakan segala kebutuhan yang diperlukan oleh manusia di bumi ini,” tuturnya.

Anda tertarik ingin mencoba ......? Silahkan Klik Di Sini

Sumber : http://suaramerdeka.com/81226/Jinten.Hitam..Sehat.Tanpa.Efek.Samping.