Diberdayakan oleh Blogger.

AMANKAH HABBATUSSAUDA UNTUK IBU HAMIL ?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh banyak ibu-ibu konsumen habbatussauda yang ingin mengambil manfaat Habbatussauda di saat hamil. Beberapa buku yang membahas habbatussauda mengatakan bahwa ibu hamil dibolehkan mengkonsumsinya, dikarenakan nutrisinya yang banyak manfaat. Bahkan ada juga tulisan seorang dokter yang tidak mempermasalahkan konsumsi habbatussauda oleh ibu hamil. Hanya saja tidak disebutkan bagaimana latar belakang dan alasan mengapa aman.

Sedangkan ada juga pihak lain yang memberikan peringatan agar habbatussauda tidak dikonsumsi dengan berbagai alasan. Ada yang menyebutkan karena habbatussauda adalah bahan obat yg bersifat panas yang membahayakan janin. Ada juga yang menyebutkan habbatussauda menyebabkan air ketubannya keruh, dan lain sebagainya.

Secara pribadi, kami (penulis) saat ditanya masalah ini, masih belum memberikan jawaban yang tegas. Mengapa? Karena memang saat itu belum memiliki informasi yang cukup, yang bisa dijadikan alasan mengapa boleh atau tidak boleh bagi seorang ibu hamil mengkonsumsi habbatussauda.

Hingga akhirnya, didapati beberapa tulisan ilmiah yang meneliti tentang penggunaan habbatussauda. Adalah satu review ilmiah berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang dimuat di Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004, yang disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Di dalam tulisan tersebut disebutkan bahwa Habbatussauda telah lama digunakan sebagai bahan untuk menggugurkan kandungan. Disebutkan juga bahwa penggunaan untuk menggugurkan kandungan tersebut memakai dosis yang tinggi.

Juga satu kutipan perlu disebutkan disini :

Abortifacient. Hot water extract of N. sativa in large oral doses causes abortion in human pregnant female. Abortion also results when whole seeds are swallowed in large doses. Its seeds and hot water extract are used as abortifacient in human pregnant female in Unani Medicine (Chopra et al., 1949; Nayar, 1954; Saha et al., 1961; Burkill, 1966; Lemordant, 1971; Malhi & Triredi, 1972; Vohora et al., 1973; Oomachan & Khan, 1981; Bellakhder et al., 1991).

Dikutip dari Review of Uses Nigella sativa : Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties if Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999.

Dimana maknanya kurang lebih menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/ abortus.
Dalam penelitian pada binatang tikus oleh ilmuwan India, disimpulkan dari penelitiannya tersebut bahwa ekstrak methanol dari habbatussauda dengan dosis 2 gram/Kg bb secara signifikan menimbulkan induksi foetal resorbtion pada tikus hamil setelah usia janin 14 hingga 16 post coitum. Dengan kata lain menginduksi aktivitas abortus janin. (VELMURUGAN R, dkk Department of Pharmacy,Annamalai University,Annamalai Nagar-608 002,India. Post Coital Antifertility Activity of Nigella sativa, Asian Journal of Chemistry , 2007)

Dengan berbekal referensi beberapa hasil penelitian di atas, seyogyanya ibu hamil tidak mengkonsumsi habbatussauda apalagi dalam dosis besar, terutama pada kehamilan trimester 1 dan trimester 2.